DPM TPB sebagai Wadah Aspirasi dan LK TPB sebagai Wadah Apresiasi

tumblr_nii37fyv6r1u7t6mxo1_1280[1]“Kita adalah awal dari perubahan Indonesia”

Prolog : TPB IPB adalah Sebuah Awal

TPB IPB adalah suatu fase baru, gerbang awal pendidikan tinggi di Institut Pertanian Bogor, dan satu tahun yang sangat menentukan perjuangan di kehidupan kampus selanjutnya. Kita akan menjadi seperti apa merupakan pilihan kita sendiri dan TPB merupakan fase awal untuk menentukan pilihan itu.

TPB IPB katanya adalah tingkatan paling bahagia, namun pada saat memasuki fase baru ini tercipta banyak kebingungan dan pertanyaan tentang bagaimana menjalani kehidupan kampus yang baik serta dapat bermanfaaat bagi masyarakat.

Jika kita kembali pada Mukadimah Peraturan TPB, kita akan diingatkan bahwa mahasiswa merupakan masyarakat intelektual dan sekaligus sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai hak untuk terus mengembangkan diri, tidak hanya melalui kegiatan akademik, tetapi melalui kegiatan pengembangan penalaran, minat dan bakat, serta meningkatkan kesejahteraan melalui organisasi mahasiswa intrakampus dan mempunyai tanggung jawab sebagai generasi perjuangan bangsa. Mahasiswa dituntut mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap realitas kehidupan masyarakat serta mampu menjawab setiap permasalahan yang timbul berdasarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

Oleh karenanya sangat disadari akan arti pentingnya lembaga kemahasiswaan sebagai wadah yang menghimpun potensi mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa untuk memperluas wawasan yang berbudi pekerti luhur serta menampung, merumuskan, dan menyalurkan aspirasi mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor.

Tempat ini merupakan tempat di mana kita dilatih untuk mengasah nurani kita, memulai kehidupan kampus dengan baik bersama TPB, maka TPB harus terus menjadi lebih baik. Semoga dengan awal yang baik, mengantarkan pemuda bangsa ini menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan almamaternya.

LK TPB dan DPM TPB

 LK TPB merupakan sebuah ruang dimana ribuan manusia unggulan dari seantero wilayah Indonesia berkumpul dan berinteraksi satu sama lain. Ribuan manusia dengan beragam sifat, budaya, bakat, dan semangat ada di sini. Mulai di sinilah semangat merubah Indonesia untuk lebih baik muncul.

LK TPB tidak sedang memecahkan semua pertanyaan dan kebingungan seketika, tetapi kita sedang belajar dan berproses dalam menjawab semua pertanyaan dan kebingungan itu, proses yang kita harapkan dapat membentuk generasi kreator peradaban yang siap menghadapi dunia kampus lebih dalam, dan LK TPB adalah wadah apresiasi mahasiswa TPB untuk melatih dan mengasah diri menuju ke sana.

Di mana ada apresiasi di situ ada aspirasi, banyak kekurangan dalam proses mempersiapkan kreator peradaban maka DPM TPB hadir sebagai wadah aspirasi. TPB memang hanya sekali, namun regenerasi ini terus berjalan. Harapanya semua evaluasi yang ada merupakan bagian dari proses menciptakan karakter anak bangsa. Mungkin generasi ini bukan yang terbaik, namun generasi yang baik adalah generasi yang mampu menyiapkan generasi setelahnya yang lebih baik.

Kita adalah awal dari perubahan Indonesia

Satu sama lain dari kita harus sadar bahwa setiap dari kita adalah bagian dari perubahan Indonesia. Kampus adalah universitas kehidupan yang dibuat untuk menyiapkan setiap anak bangsa agar dapat berguna bagi Indonesia.

Hadirnya LK TPB dan DPM TPB hanya sebagai salah satu wadah dari proses tersebut. Kita bersama-sama sedang melatih diri kita sendiri agar di kemudian hari kita menjadi pribadi yang mampu menjawab tantangan dunia dan berkontribusi untuk bangsa kita tercinta.

Yakinlah bahwa hadirnya kita membawa perubahan untuk Indonesia sehingga dalam proses sebagai mahasiswa kita akan berusaha memberikan dan menjadi yang terbaik.

Aku, kamu, kita dan TPB yang lebih baik. TPB Bisa!

 

Ketua DPM TPB

Muhammad Umar Al Faruqi

C34140086

 

*LK TPB atau Lembaga Kemahasiswaan TPB memiliki perangkat organisasi DPM TPB dan BEM TPB.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *